Breaking

LightBlog

Monday, September 19, 2016

Contoh Resensi Buku Filsafaat

           Selamat pagi gaes, hanya sedikit membantu untuk memberikan contoh dari cara meresensi buku. perlu diketahui bahwa resensi adalah sebagai karangan yang berisi ulasan terhadap karya, baik berupa buku, film, ataupun album.
          Langsung saja perhatikan untuk contoh resensi buku berikut ini :

FOTO BUKU


1.        Identifikasi Buku :

Judul Buku                         : Filsafat Ketuhanan Yang Maha Esa
Pengarang                          : Drs. Hamzah Yaqub
Penerbit                              : PT. Alma’arif
Tahun Terbit                     : 1973
Jumlah Halaman             : 103

2.       Pembuka Resensi :

Buku ini terdiri dari 7 bab  diantaranya :
1.       Arti dan Kedudukan Filsafat Ketuhanan Yang Maha Esa
2.       Kepastian Logika Tentang Adanya Tuhan
3.       Sistim dan Metode Ahli-Ahli Fikir Menetapkan Adanya Tuhan
4.       Materialisme dan Faham Ketuhanan
5.       Logika Ketuhanan Dalam Al-Quran
6.       Keesaan Tuhan
7.       Sifat-Sifat Yang Mesti Ada Pada Tuhan

Buku ini merupakan buku yang sangat bagus dan unik, buku ini menjelaskan tentang filsafat keesaan tuhan menurut para ahli fikir barat dan islam seperti Socrates dan ibnu sina. Juga menurut Logika dalam Al-Quran yang mencantumkan ayat-ayat yang menegaskan secara logika bahwa Tuhan itu ada. 

 3. Jenis Buku

Buku Filsafat Ketuhanan Yang Maha Esa ini merupakan golongan buku nonfiksi karena dalam buku ini dilandasi oleh fakta, pengalaman objektif, penelitian, pemikiran atau analisis dari masalah-masalah yang ada. Dibuku ini juga terdapat beberapa pendapat menurut para ahli fikir dan kajian-kajian yang sangat baik.

 4.        Keunggulan Isi Buku :

A.      Buku ini memiliki cover yang tebal sehingga buku ini tidak cepat rusak. Pemilihan yang tidak terlalu kecil yang tepat dan pemilahan kata-kata sebagai kata kunci dengan cara italic sangatlah membantu.
B.      Isi Buku
Buku Filsafat Ketuhanan Yang Maha Esa ini merupkan buku yang membahas mengenai keesaan tuhan, tentang kebenaran adanya tuhan. Pokok pembahasan isi buku ini mencakup sejarah, pemikiran logika, objek, pegalaman, serta kriteria kebenaran yang mencakup kesimpulan.
C.       Bahasa
Bahasa yang digunakan pengarang dalam buku ini bersifat komunikatif. Sehingga memudahkan pembaca untuk mengerti maksud dari buku ini. Dengan kata lain pesan yang ingin disampaikan pengarang ke pembaca dapat tersampaikan.

 5. Kelemahan Isi Buku :

Tidak terdapat gambar didalam buku ini yang kurang mendukung dalam proses memahami isi buku. Dan terdapat banyak istilah yang kurang dimengerti oleh pembaca.


 6.  Ulasan


Filsafat adalah sumber semua ilmu, filsafat dalam bahasa yunani philosophia, yang terdiri dari dua kata yaitu philos berarti cinta atau phila berarti persahabatan dan Sophos artinya kebijaksaaan atau pengetahuan. Jadi,filsafat berarti cinta kebijaksanaan atau kebenaran (love of wisdom), orangnya disebut filosof. 




           Demikian contoh dari resensi buku yang saya lakukan pada saat mendapatkan tugas yang diberikan. semoga dapat membantu pembaca dalam pembuatan resensi buku. Terima Kasih =D

1 comment:

Adbox