Breaking

LightBlog

Friday, October 23, 2015

Contoh PKM KEWIRAUSAHAAN



                                               PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA

KUE PUKIS BIJI NANGKA YANG BERMANFAAT BAGI KESEHATAN


BIDANG KEGIATAN
PKM KEWIRAUSAHAAN


Diusulkan Oleh :
SOBRUN JAMIL  / 1102415043 / 2015
LULUK INAWATI / 1102415033 / 2015
HAIDAR FARRAS HILMI / 1511413021 / 2013
SUSANTO / 5202415017 / 2015



UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
SEMARANG
2015


                                          PENGESAHAN PKM-KEWIRAUSAHAAN

1.      Judul Penulisan                             :
KUE PUKIS BIJI NANGKA YANG BERMANFAAT BAGI KESEHATAN
2.      Bidang Penulisan                         : PKM KEWIRAUSAHAAN
3.      Ketua Penulisan                           :
a.       Nama Lengkap                  : Sobrun Jamil
b.      NIM                                  : 1102415043
c.       Jurusan                              : Teknologi Pendidikan S1
d.      Universitas                        : Universitas Negeri Semarang
e.       Alamat Rumah                  : Pemalang. Jl. Jodipati no. 75
f.       No. Tel./Hp                       : 082329110021
g.      Alamat e-mail                    : sobrunjamil180997@gmail.com
4.      Anggota Penulisan                       : 3 Orang
5.      Dosen Pendamping                      :
a.       Nama Lengkap                  : Dra. Nurussaadah M.Si.
b.      NIP                                   :195611091985032003
c.       Alamat Rumah                  :Jl. Parangkesit v/01 Perum TlogoSari
  Semarang 67134630
d.      No. Tel./Hp                       :08122561597
6.      Biaya Kegiatan Total                   :
a.       Dikti                                  : Rp. 9.000.000;
7.      Jangka Waktu Pelaksanaa            : 5 bulan

Semarang, 29 September 2015
enyetujui,
Ketua Jurusan Teknologi Pendidikan                         Ketua Pelaksana Kegiatan


ra. Nurussaadah M.Si.                                           Sobrun Jamil
NIP. 195611091985032003                                     NIM. 1102415043

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan                       Dosen Pembimbing


Dr. Bambang Budi Raharjo, M.Si.                             Dra. Nurussaadah M.Si.
NIP. 196012171986011001                                      
NIDN. 0009115604
                                                                       DAFTAR ISI






                                                                        RINGKASAN

            Kegiatan usaha “Kue Pukis Biji Nangka Yang Bermanfaat Bagi Kesehatan” merupakan bentuk kegiatan yang dilakukan untuk bertujuan mengembangkan kreativitas dan mental berbisnis dalam kehidupan nyata, juga sebagai tugas yang telah diberikan kepada mahasiswa untuk berfikir mengembangkan usaha dan peluang kerja.
Kegiatan ini, diharapkan mampu bersaing dipasar ekonomi yang ramai dan bisa menciptakan lapangan kerja baru. Produk “Pukis Biji Nangka Yang Bermanfaat Bagi Kesehatan” ini dapat dikonsumsi oleh berbagai kalangan, baik kalangan muda dan orang tua. Kegiatan ini bisa dilakukan sebagai usaha sampingan karena pembuatan kue pukis biji nangka ini cukup tidak banyak memakan waktu dalam proses pembuatannya. Target yang ingin dicapai dalam pelaksanaan usaha “Kue pukis biji nangka” ini adalah dapat berjalan dengan lancar dan mampu berkembang dan bersaing dengan produk-produk yang lain, sehingga mampu menjadi sebuah peluang usaha yang menguntungkan.
Usaha ini juga diharapkan bisa berkembang menjadi sebuah usaha yang besar jika dalam pelaksanaannya tertata, terarah, dan terukur segala sesuatu yang berhubungan dengan usaha itu sendiri. Target pemasaran produk ini yaitu masyarakat umum.Kue pukis biji nangka ini memiliki keunggulan yaitu:
Dapat mencegah rambut rontok, karna pada biji nangka terkandung vit A, Mencegah anemia, karna didalam biji nangka terkandung zat besi, Memberikan volum pada rambut, Mengatasi stress dan penyakit kulit, Sebagai alternatif penganti karbohidrat.    


                                                             
                                                         BAB I PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Sejalan dengan perubahan zaman biji nangka sering kali tidak dimanfaatkan sejak dulu hingga sekarang setelah menikmati buah nangka karena minimnya pengetahuan mengenai manfaat dan khasiat. Biji buah nangka miliki kandungan protein yang tinggi, karbohidrat yang cukup tinggi sehingga dapat dimanfaatkan sebagai alternatif pengganti bahan makanan. Biji nangka juga merupakan sumber mineral yang baik selain itu juga memilik serat, vitamin A, C, dan B juga dilengkapi dengan kalsium, seng, dan fosfor.  Untuk memanfaatkan khasiat dari biji nangka tersebut saya mengemasnya dalam bentuk kue pukis yang berbahan utama biji nangka. Pengolahan biji nangka menjadi produk makanan merupakan salah satu bentuk usaha memanfaatkan limbah biji nangka. Di bali masyarakat umumnya memanfaatkan biji nangka sebagai lauk dan juga dibuat penganan makanan, contohnya biji nangka direbus dan diolah menjadi masakan oseng-oseng biji nangka.Pohon nangka juga banyak dijumpai di berbagai wilayah di asia tenggara meskipun tidak terlalu banyak tersebar di berbagai daearah di indonesia. Sisa dari buah nangka ini sering kali tidak dimanfaatkan, sebenarnya biji buah nangka telah banyak dilakukan percobaan seperti pemanfaatan biji nangka menjadi tepung terigu, ice cream biji nangka. Manfaat yang diperoleh dari biji nangka yaitu membantu menghilangkan stress.
1.2 Rumusan Masalah
            Berdasarkan permasalahan yang telah dipaparkan di atas, maka dapat dirumuskan beberapa permasalahan sebagai berikut :

1.3 Tujuan
                Tujuan yang hendak dicapai dalam kegaiatan kewirausahaan ini, antara lain:
            1. Memberikan inovasi kue pukis baru dengan memanfaatkan biji nangka
            2. Dengan mengkonsumsi makanan sehat yaitu kue pukis biji nangka                       setiap hari bisa memberikan efek samping yang baik untuk masyarakat

            Adapun luaran dari kegiatan kewirausahaan ini, yaitu :
1. Terciptanya produk Kue Pukis biji nangka sebagai makanan yang sehat
2. Terciptanya peluang dan lapangan kerja baru yang  bersektor di usaha kecil
3. Meningkatkan kreativitas mahasiswa dalam hal berbisnis


                                    BAB II GAMBARAN UMUM RENCANA KEGIATAN

2.1.Prospek Kue Pukis Biji NangkaBagi Kesehatan Tubuh Manusia
            Pemanfaatan Biji nangka semakin berkembang, yang selama ini hanya dibuang begitu saja. Seiring dengan perkembangan teknologi, Biji nangka layak dikonsumsi karena memiliki banyak manfaat yang dapat diambil. Untuk itu, diperlukan suatu gagasan dalam berwirausaha yang dapat bermanfaat dibidang kesehatan, dengan mengolah Biji nangka menjadi makanan yang dapat dikonsumsi sebagai makanan kesehatan, dapat menjadi salah satu alternatif pendapatan.

2.2. Khasiat Dan Kelebihan Biji Nangka
            Khasiat dan kelebihan yang terdapat dalam biji nangka antara lain, Pencegahan anemia, melancarkan aliran darah, menjaga kesehatan rambut, menyehatkan mata, peningkat gairah seks, pengganti sel-sel yang rusak, melembutkan kulit, menyehatkan tubuh, mencegah sembelit, mengeluarkan racun tubuh, mengatasi penyakit kulit, penghilang stress, melawan keriput, penghambat sel kanker, penangkal radikal bebas, menghilangkan flek hitam, menebalkan rambut, menguatkan rambut, menguatkan tulang, dan meningkatkan sistem imun.

2.3. Peluang Pasar
            Seperti halnya dengan makanan-makananan ringan pada umumnya yang banyak dijumpai, kue pukis Biji nangka mempumyai kelebihan di banding kue pukis yang ada karena kue pukis Biji nangka memiliki khasiat-khasiat yang sangat bermanfaat untuk tubuh dan dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Peluang pasar kue pukis biji nangkaini sangat baik dalam jasa penjualan karena sirup ini berbentuk seperti sirup-sirup pada umumnya tetapi mempunyai kelebihan yang spesifik.

2.4. Media Promosi Yang Akan Digunakan
            Untuk menunjang proses pemasaran, ada beberapa alternatif yang bisa digunakan untuk mempromosikan produk ini, sehingga lebih dikenal oleh masyarakat dan menjadi pilihan masyarakat dalam mengkonsumsi kue pukis Biji nangka. Media itu berupa pamflet, spanduk, brosur, berikan dimedia massa, lewat penyuluhan dan lainnya.

2.5. Strategi Pemasaran Yang Akan Diterapkan
            Strategi pemasaran yang akan digunakan dalam usaha pembuatan kue pukis biji nangka ini menggunakan analisis Marketing Mix (bauran pemasaran) 4 P yaitu mengenai kebijakan produk, harga, promosi dan distribusi. 

2.5.1. Kebijakan Produk
        Usaha  ini bergerak dalam bidang jasa penjualan. Jenis jasa ini berupa kue yang dapat dikonsumsi setip hari. Dengan berbagai macam rasa yang dapat dinikmati sebagai makanan tambahan dan mempunyai manfaat yang lebih di banding kue pukis biasa pada umumnya. 
2.5.2. Kebijakan Harga
        Harga yang diberikan kepada pelanggan yaitu sebesar Rp 2.000,00 perkue. harga ini lebih rendah dibanding harga pesaing yang biasanya menawarkan harga sebesar Rp. 2.500,00 perkue. 
2.5.3. Kebijakan Promosi
        Untuk meningkatkan hasil penjualan kue pukis biji nangka ini maka perlu dilakukan promosi. Bentuk promosi ini diantaranya yaitu dengan menggunakan pamflet, spanduk, radio dan media promosi lainnya. Sistem penjualan yang dilakukan yaitu penjualan secara tunai.
2.5.4. Kebijakan Distribusi
        Distribusi hasil produksi kepada para konsumen dilakukan secara langsung ditempat usaha maupun secara tidak langsung yaitu dengan menawarkan kerja sama ke berbagai warung maupun toko.



                                                   BAB III METODE PELAKSANAAN

            Pelaksanaan program usaha pembuatan kue pukis biji nangka sebagai minuman kesehatan ini terdiri dari tiga tahap yaitu: persiapan produksi, produksi kue pukis biji nangka dan pemasaran kue pukis biji nangka. 

3.1.  Persiapan Produksi
            Sebelum memproduksi kue, langkah awal yang perlu dilakukan adalah persiapan produksi. Dalam persiapan produksi ini terdapat dua kegiatan utama yaitu persiapan alat dan persiapan bahan.  
3.2. Tahap Produksi Kue Pukis Biji Nangka
                        Tahapan produksi kue pukisbiji nangka ini adalah sebagai berikut :
            3.2.1 Pembuatan Kue Pukis Biji Nangka
·         Rebus terlebih dahulu biji nangka kemudian kulit dari biji nangka di kelupas lalu biji nangka yang sudah terkelupas dihaluskan.
·         Rebus santan dalam api kecil hingga mendidih, jangan lupa untuk selalu mengaduknya agar santan tidak pecah. Setelah mendidih diamkan terlebih dahulu.
·         Campurkan ragi dengan air hangat, kocok hingga berbuih.
·         Masukkan telur dan gula pasir dan kocok hingga adonan tercampur rata dan mengembang kental.
·         Tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit dengan cara diayak agar tidak menggumpal.
·         Setelah adonan rata tambahkan campuran air ragi tadi, aduk hingga rata.
·         Tuangkan santan dan aduk sampai rata kemudian diamkan terlebih dahulu selama 15 menit.
·         Sambil menunggu dapat Anda panaskan cetakan pukis, jangan lupa untuk mengolesi margarine agar tidak lengket.
·         Tuangkan adonan dalam cetakan hingga penuh dan tunggu hingga matang

3.3.Pemasaran
            Setelah proses produksi selesai, maka langkah selanjutnya adalah pemasaran. Target konsumen dari produk ini adalah masyarakat dari berbagai kalangan, baik masyarakat ekonomi atas maupun menengah ke bawah karena harganya yang sangat terjangkau. Lokasi pemasaran disekitar wilayah yang mempunyai potensi penjualan sebagai pusat – pusat pemasaran. Seperti taman, pusat-pusat keramaian, dan lain-lain.

                                        BAB IV BIAYA DAN JADWAL KEGIATAN

4.1 Rincian Biaya Awal
             4.1.1 Investasi Awal
·         Gerobak                                              : Rp. 2.500.000.00;
·         Kompor Gas                                        : Rp.    400.000.00;
·         Cetakan Pukis @2x250.000               : Rp.    500.000.00;
·         Baskom @4x10.000                           : Rp.      40.000.00;
·         Panci                                                   : Rp.      50.000.00;
·         Mixer                                                   : Rp.    600.000.00;
·         Ayakan                                                : Rp.      40.000.00;
·         Pisau@2x30.000                                 : Rp.      60.000.00;
·         Penjepit Makanan                               : Rp.      10.000.00;
·         Parut                                                    : Rp.      20.000.00;
·         Gas Lpg                                              : Rp.    150.000.00;
·         Timbangan Dapur                               : Rp.      70.000.00;+
                                                              Rp. 4.440.000.00;
4.1.2 Biaya Operasional Perhari
·         Biji Nangka @5kg x 5000                  : Rp. 25.000.00;
·         Kelapa                                                             : Rp.  3.000.00;
·         Tepung Terigu                                     : Rp.  8.000.00;
·         Gula Pasir                                            : Rp.  9.000.00;
·         Telur                                                    : Rp.16.000.00;
·         Ragi Instan                                          : Rp.  4.000.00;
·         Dan lain-lain                                        : Rp.50.000.00; +
                                                              Rp.115.000.00;
4.1.3 Biaya Operasional Perbulan
= Biaya Operasiaonal Perhari x 30
= 115.000 x 30
= 3.450.000
4.1.3 Total Biaya
= Biaya Insvestasi + Biaya Operasianal
= Rp. 4.440.000 + Rp. 3.450.000
= Rp. 7.890.000;-

4.1.4 Potensi Pendapatan Kue Pukis Biji Nangka
            Kita asumsikan mendapatkan penjualan 200 Kue, sedangkan harga jual yang akan saya patok berkisar Rp. 2.000/kue maka :
= 200 kue x Rp. 2.000 = Rp. 400.000
Hasil Bersih Perbulan
= Penjualan - Biaya Pengeluaran
= Rp. 400.000 - Rp. 115.000
= Rp. 290.000 / Hari
= Rp. 290.000 x 30 Hari
= Rp. 8.700.000





No
Kegiatan
Bulan Ke
1
2
3
4
5
1
Perencanaan Produksi





2
Perencanaan Dan Pengadaan Bahan





3
Pelaksanaan Produksi





4
Pemasaran





5
Penyusunan Laporan





6
Penyerahan Laporan Akhir





                                        



                                                             DAFTAR PUSTAKA

e-Journal Pemanfaatan Tepung Biji Nangka Menjadi Kue Pia Kering
Universitas Pendidikan Ganesha
Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (Volume XI Tahun 2015)



                                                                  LAMPIRAN

Lampiran 1.Biodata
A. Identitas Diri Ketua
1
Nama Lengkap
Sobrun Jamil
2
Jenis Kelamin
L
3
Program Studi
Teknologi Pendidikan - S1
4
NIM/NIDN
1102415043
5
Tempat dan Tanggal Lahir
Pemalang, 18 September 1997
6
E-mail
7
Nomor Telepon/HP
082329110021 / 087749941401

B. Riwayat Pendidikan

SD
SMP
SMK
Nama Institusi
SDN 01 Kalirandu
SMP N 1 Petarukan
SMK Texmaco Pemalang
Jurusan
-
-
Teknik Komputer Jaringan
Tahun Masuk-Lulus
2003-2009
2009-2012
2012-2015

C. PemakalahSeminar Ilmiah (Oral Presentasion)

Pemakalah Ilmiah / Seminar
Judul Artikel Ilmiah
Waktu dan Tempat
1
-
-
-

D.  Penghargaan 10 Tahun Terakhir
No
Jenis Penghargaan
Institut yang Memberi Penghargaan
Tahun
1
-
-
-

Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodataini adalah benar dan dapat dipertanggung jawabkan secara hukum. Apabila di kemudian  hari  ternyata dijumpai ketidaksesuaian dengan kenyataan saya siap menerima sanksi.
Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam pengajuan hibah PKM KEWIRAUSAHAAN.
                                                                                    Ketua Kegiatan


                                                                                    Sobrun Jamil
                                                                                    NIM. 1102415043

A. Identitas Diri Anggota 1
1
Nama Lengkap
Luluk Inawati
2
Jenis Kelamin
P
3
Program Studi
Teknologi Pendidikan - S1
4
NIM/NIDN
1102415033
5
Tempat dan Tanggal Lahir
Semarang, 14 Maret 1997
6
E-mail
7
Nomor Telepon/HP
085713854255

B. Riwayat Pendidikan

SD
SMP
SMK
Nama Institusi
SDN 01 Gisikdrono
SMP N 30 Semarang
SMK N 2 Semarang
Jurusan
-
-
Rekayasa Perangakat Lunak
Tahun Masuk-Lulus
2003-2009
2009-2012
2012-2015

C. Pemakalah Seminar Ilmiah (Oral Presentasion)

Pemakalah Ilmiah / Seminar
Judul Artikel Ilmiah
Waktu dan Tempat
1
-
-
-

D.  Penghargaan 10 Tahun Terakhir
No
Jenis Penghargaan
Institut yang Memberi Penghargaan
Tahun
1
-
-
-

Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodataini adalah benar dan dapat dipertanggung jawabkan secara hukum. Apabila di kemudian  hari  ternyata dijumpai ketidaksesuaian dengan kenyataan saya siap menerima sanksi.
emikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam pengajuan hibah PKM KEWIRAUSAHAAN.

                                                                                                Anggota 1


                                                                                                Luluk Inawati
                                                                                                NIM.1102415033




A. Identitas Diri Anggota 2
1
Nama Lengkap
HaidarFarrasHilmi
2
Jenis Kelamin
P
3
Program Studi
Psikologi - S1
4
NIM/NIDN
1511413021
5
Tempat dan Tanggal Lahir
Jakarta, 4 November 1995
6
E-mail
7
Nomor Telepon/HP
085708224287

B. Riwayat Pendidikan

SD
SMP
SMA
Nama Institusi
SDN 02 Kalirandu
SMP N 1 Petarukan
SMAN 2Pemalang
Jurusan
-
-
IPA
Tahun Masuk-Lulus
2002-2008
2008-2011
2011-2014

C. Pemakalah Seminar Ilmiah (Oral Presentasion)

Pemakalah Ilmiah / Seminar
Judul Artikel Ilmiah
Waktu dan Tempat
1
-
-
-

D.  Penghargaan 10 Tahun Terakhir
No
Jenis Penghargaan
Institut yang Memberi Penghargaan
Tahun
1
-
-
-

Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodataini adalah benar dan dapat dipertanggung jawabkan secara hukum. Apabila di kemudian  hari  ternyata dijumpai ketidaksesuaian dengan kenyataan saya siap menerima sanksi.
emikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam pengajuan hibah PKM KEWIRAUSAHAAN.

                                                                                                Anggota 2


                                                                                                Haidar Farrass Hilmi
                                                                                                NIM. 1511413021




                                                                                               
A. Identitas Diri Anggota 3
1
Nama Lengkap
Susanto
2
Jenis Kelamin
L
3
Program Studi
Pendidikan Teknik Otomotif- S1
4
NIM/NIDN
5202415017
5
Tempat dan Tanggal Lahir
Pemlang, 7 November 1996
6
E-mail
7
Nomor Telepon/HP
082329105141

B. Riwayat Pendidikan

SD
SMP
SMK
Nama Institusi
SDN 01 Kejambon
SMPN 2 Taman
SMK Texmaco Pemalang
Jurusan
-
-
Teknik Otomif
Tahun Masuk-Lulus
2003-2009
2009-2012
2012-2015

C. Pemakalah Seminar Ilmiah (Oral Presentasion)

Pemakalah Ilmiah / Seminar
Judul Artikel Ilmiah
Waktu dan Tempat
1
-
-
-

D.  Penghargaan 10 Tahun Terakhir
No
Jenis Penghargaan
Institut yang Memberi Penghargaan
Tahun
1
-
-
-

Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodataini adalah benar dan dapat dipertanggung jawabkan secara hukum. Apabila di kemudian  hari  ternyata dijumpai ketidaksesuaian dengan kenyataan saya siap menerima sanksi.
Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam pengajuan hibah PKM KEWIRAUSAHAAN.
                                                                                                Anggota 3


                                                                                                Susanto
                                                                                                NIM. 5202415017





A. Identitas Diri Dosen Pendamping
1
Nama Lengkap
Dra. Nurussaadah M.Si.
2
Jenis Kelamin
P
3
Program Studi
Teknologi Pendidikan - S1
4
NIM/NIDN
0009115604
5
Tempat dan Tanggal Lahir
Grobogan, 9 November 1956
6
E-mail
nurjamhari@yahoo.co.id
7
Nomor Telepon/HP
08122561597

B. Riwayat Pendidikan

S1
S2
Nama Institusi
IKIP Semarang
Universitas Indonesia
Jurusan
DIKDAKTIK Kurikulum
Psikologi Perkembangan
Tahun Masuk-Lulus
1982
1997

C. Pemakalah Seminar Ilmiah (Oral Presentasion)

Pemakalah Ilmiah / Seminar
Judul Artikel Ilmiah
Waktu dan Tempat
1
Seminar Internasional
-
Medan 2013
2
Seminar Internasional
-
Gorontalo 2015

Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodataini adalah benar dan dapat dipertanggung jawabkan secara hukum. Apabila di kemudian  hari  ternyata dijumpai ketidaksesuaian dengan kenyataan saya siap menerima sanksi.
Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam pengajuan hibah PKM KEWIRAUSAHAAN.
           
emarang, 29 September 2015
Dosen Pembimbing
           


                                                                                   Dra. Nurussaadah M.Si.
                                                                                    NIP. 195611091985032003
Lampiran 2. Susunan Organisasi Kegiatan dan Pembagian Tugas
No.
Nama/ NIM
Program Studi
BidangIlmu
AlokasiWaktu (Jam/ Minggu)
UraianTugas
1
Sobrun Jamil / 1102415043            5112412014/2        
Teknologi Pendidikan
Perancangan Usaha
8 Jam/ Minggu
Melakukan perumusan masalah, Evaluasi hasil diskusi.
2
Luluk Inawati / 1102415033
Teknologi Pendidikan
Desain Produk
8 Jam/ Minggu
Membuat draft, Membuat desain Produk, Menganalisis desain Produk.
3
HaidarFarrasHilmi / 1511413021
Psikologi
Promosi
8 Jam/ Minggu
Penyempurnaan desain Produk, Mempromosikan produk di pasar.
4
Susanto / 5202415017
Pendidikan Teknik Otomotif
Alokasi Tempat
8 Jam/ Minggu
Mencari Tempat pemasaran produk, Melakukan survei lapangan.




Lampiran 3. Anggaran Kegiatan
1.      Alat Penunjang
Material
Justifikasi Pemakaian
Kuantitas
Harga Satuan(Rp)
Jumlah (Rp)
Gerobak
Peralatan
1
2.500.000
2.500.000
Kompor gas
Peralatan
1
400.000
400.000
Cetakan Pukis
Peralatan
2
250.000
500.000
Mixer
Peralatan
1
600.00
600.000
Timbangan
Peralatan
1
70.000
70.000
Baskom
Peralatan
4
10.000
40.000
Panci
Peralatan
1
50.000
50.000
Ayakan
Peralatan
1
40.000
40.000
Pisau
Peralatan
2
30.000
60.000
Penjepit
Peralatan
1
10.000
10.000
Parut
Peralatan
1
20.000
20.000
Sub Total
Rp. 4.290.000

2.      Bahan Habis Pakai
Material
Justifikasi Pemakaian
Kuantitas
Harga Satuan (Rp)
Jumlah (Rp)
Biji Nangka
Bahan Utama
5 bulan
5.000
25.000
Kelapa
Bahan Utama
5 bulan
3.000
3.000
Tepung Terigu
Bahan Utama
5 bulan
8.000
8.000
Gula Pasir
Bahan Utama
5 bulan
9.000
9.000
Telur
Bahan Utama
5 bulan
16.000
16.000
Ragi Instan
Bahan Utama
5 bulan
4.000
4.000
Jumlah
65.000

3.      Perjalanan
Material
Justifikasi Pemakaian
Kuantitasi
Harga  (Rp)
Keterangan
Unnes Sekaran – Pekalongan
Pelatihan
2 orang
100.000

Unnes Sekaran – Pasar Johar
Belanja bahan baku
4 orang
200.000

SUB TOTAL
Rp. 300.000

4.      Lain – Lain
Material
Justifikasi Pemakaian
Kuantitasi
Harga (Rp)
Keterangan
Brosur
Media Promosi

200.000

Kebutuhan Tak Diduga
Kebutuhan Tak Diduga

300.000

Sub Total
Rp. 500.000
Total (Keseluruhan)
Rp. 5.155.000




Lampiran 4. SuratPernyataanKetuaKegiatan
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
Gedung H : Kampus Sekaran – Gunung Pati – Semarang
Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan Email:
pr3@unnes.ac.id, Telp/Fax: (024) 8508003


 
SURAT PERNYATAAN KETUA PENILITI/PELAKSANA
Yang bertandatangan di bawah ini:
Nama                 : Sobrun Jamil
NIM                  : 1102415043
Program Studi   : Teknologi Pendidikan – S1
Fakultas             : IlmuPendidikan
DenganinimenyatakanbahwausulanPKM-KEWIRAUSAHAANsayadenganjudul:
KUE PUKIS BIJI NANGKA YANG BERMANFAAT BAGI KESEHATAN

Yangdiusulkanuntuktahunanggaran 2015bersifat original danbelumpernahdibiayaiolehlembagaatausumberdana lain.
Bilamana di kemudianhariditemukanketidaksesuaiandenganpernyataanini, makasayabersediadituntutdandiprosessesuaidenganketentuan yang berlakudanmengembalikanseluruhbiayapenelitian yang sudahditerimakekasnegara. Demikianpernyataaninidibuatdengansesungguhnyadandengansebenar-benarnya.   
                                                                               Semarang, 29September 2015
 Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan,                 Yang Menyatakan,


Dr. Bambang Budi Raharjo, M.Si.                             Sobrun Jamil
NIP. 196012171986011001                                           NIM. 1102415043

2 comments:

  1. Terimakasih Artikel Contoh PKM KEWIRAUSAHAAN nya bagus dan membantu sekali, semoga sukses selalu yaa .. Aamiin
    Salam Resep Kue Kering Lebaran

    ReplyDelete
  2. Terimakasih Artikel Contoh PKM KEWIRAUSAHAAN nya bagus dan membantu sekali, semoga sukses selalu yaa .. Aamiin
    Salam Aneka Resep Kue Kering

    ReplyDelete

Adbox