Breaking

LightBlog

Wednesday, November 30, 2016

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis


Microsoft Office Word atau yang biasa kita kenal  Word merupakan perangkat lunak (software) yang diperuntukan untuk mengolah kata (Pengolah Kata). Microsoft Office Word ini diperuntukan untuk Operating System Windows yang dikeluarkan oleh microsoft corporation yang didirikan oleh Bill Gates. Info lebih lanjut bisa baca di https://id.wikipedia.org/wiki/Microsoft_Word .

Didalam Ms Word ini  banyak sekali fitur-fitur yang bisa kita gunakan untuk membantu dalam pengolahan kata, salah satu menu yang ada dan sangat berfungsi dalam ms Word ini adalah menu Home dimana kita selalu menggunakan menu home ini untuk mengatur font, size, color, paragraph, dan sytle. Banyak sekali menu yang ada seperti pada gambar dibawah ini : 




Baiklah, itu sedikit pengenalan mengenai Ms Word. Perlu diketahui juga Microsoft Office selalu mengupdate dan merilis keluaran terbarunya seperti Microsoft Office 2003, Microsoft Office 2007, Microsoft Office 2010, Microsoft Office 2013, dan yang terbaru adalah Microsoft Office 2016. Langsung saja Pembahasan atau materi yang akan saya berikan mengenai Microsoft Office Word yaitu Bagaimana Cara Kita Membuat Daftar Isi secara Otomatis tanpa harus kita bersusah payah membuat daftar isi dengan mengisi baris titik-titik yang banyak dan panjang.

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis dengan mudah, perhatikan Step by step berikut ini :

Step Pertama :
Atur Styles pada Menu Home dengan cara Klik Kanan pada Heading 1 => Pilih Modify


Akan muncul kotak dialog Modify Style, Edit Font (Times New Roman), Size (12), dan Color (Black).


Hal ini dilakukan untuk mengubah Heading 1 yang digunakan untuk Title atau Judul. Langkah yang sama bisa dilakukan pada Heading 2 untuk mengatur Sub Title. Kemudian untuk Heading 3 untuk mengatur Sub-Sub.

Klik kanan => Modify pada Heading 2.




Akan muncul kotak dialog Modify Style, Edit Font (Times New Roman), Size (12), dan Color (Black).



Setelah langkah pertama dilakukan, kita melangkah ke langkah berikutnya,

Step Kedua :
Langkah kedua ini kita bergelut dengan Menu References, dimenu ini kita memakai Tool Bar Table Of Contents. 





Fungsi dari table of contents adalah membuat daftar isi yang otomatis. Bisa diikuti contoh berikut ini:





Setelah Langkah Kedua selesai. Kita masuk ke langkah berikutnya;

Step Ketiga : 
Langkah ketiga ini merupakan langkah terakhir dari cara membuat daftar isi secara otomatif. Langkah ini berguna untuk mengupdate atau menambah daftar isi jika ada perubahan yang dilakukan.
Untuk lebih jelas dan pastinya bisa dilihat gamba berikut :



Cukup sekian yang bisa saya sajikan dan sampaikan kurang lebihnya mohon maaf. Wassalamualaikum Wr Wb.


3 comments:

  1. Mohon izin bertanya, bagaimana selanjutnya untuk BAB II pada halaman yang sama dengan BAb I, dengan prosedure yang sama saya tidak berhasil. Apakah ada caranya

    ReplyDelete

Adbox